tanggung jawab

Sulit nya belajar tanggung jawab

Semua orang yang hidup dimuka bumi ini, pasti punya kesalahan, khilaf, atau apalah itu. Yah no bodies perfect. Setiap kesalahan terjadi karena ulah manusi itu sendiri bukan ? kadang manusia menyalahkan orang laian untuk menutupi kesalahanya sendiri. Istilah katanya sih FITNAH. Tapu jarang juga orang yang mau ngakui kesalahan nya sendiri,  gw lah salah satu dari ciri inti cerita ini. Gw orang yang pengecut, dan gak mau ngkui kesalahan nya sendiri. Tapi gw juga gak fitnah orang lain untuk menutupi kesalahan gw. Jadi terserah kalian mau bilang gw ini apa, mungkin lebih tepatnya ada;ah seorang cewek yang pecundang.

Trus kenapa lo gak mencoba belajar untuk berusaha mengakui kesalahan yang lo perbuat? Yah, kan gw udah bilang, gw ini seorang cewek pecundang, jadinya yah gini, gw sulit banget nerima resiko yang besar, jadi sering banget gw lari dari masalah, padahal gw tau lari dari masalah bukan hal yang tepat untuk gw lakuin. Yang ada masalah itu sendiri malah jadi bertubi tubi, yang akhirnya ngejar gw sampai gw tertangkap lagi dengan masalah hal lain nya.

Entah, lah apa mungkin gw kurang dewasa dalam menyikapi setiap masalah, gw suka mengabaikan masalah yang kecil, dan yang gw tau juga masalah yang kecil kalo di tinggalain bakalan jadi besar bukan ?? nah, tuh tau kenapa gw kerajain?? Ya itu lah gw kadang seseorang menilai gw dari sisi luar nya aja yang banyak orang bilang, gw tuh asyik, friendly, ramah tamah dan apalah itu juga namanya. Tapi ada sisi yang gw tutup dari semua sifat kulit tadi itu, sifat daging nya mah, gw tuh pengecut , dan sulit banget untuk ngeluarin kata maaf. Yah bisa dinilai kan gimna gw orangnya??

Gw uga bingung kenapa gw masih aja mau menyimpan sifat begini. Atau mungkin gw emang udah takdir diciptakan begini??, kan mulai melempar kesalahan ke takdir. Bukan maksud untuk menylahkan takdir, takdir itu udah garis kehidupan kapan lo mati, jodoh lo sama siapa, kapan lo lahir, itu semua takdir, tapi kalo sifat?? Itu yang captain allah tapi yang mengerjakan adalah diri lo sendiri, jadi kenapa harus gw menyalahkan takdir??

Entahlah, apa hanya gw yang hidup seperti ini, atau masih banyak orang yang lebih buruk dari gw ?? kalo seperti ini rasanya emang mau banget yang namanya ngerubah sikap, tapi sikap ini mungkin yang udah tertanam dari kecil. Jadi istilah katanaya sih udah mendarah daging yang busuk. Trus kalo gw tau itu didikan sejak kecil, apa gw mau nyalahin ortu gw? Atau guru guru gw yang udah didik gw sejak kecil? Tenang kok, gw gak menyalahkan mereka, bagaimanapun juga menurut gw beliau semuanya itu udah didik gw secara baik, hanya saja kurang sempurna. Yah namanya manusia gak ada yang sempurna.

Pasti kalian bertanya, ngapain harus nyalahin ortu ataupun guru guru gw ? yah, asalakan tau aja, sesorang itu bagaimana sifatnya tergantung atas apa yang dia lihat dan diterpakn nya sejak kecil, jadi ngurus anak TK nih lebih susah di bandin anak SMA. Yah, mau gak mau lo harus didik anak tuh kan sejak kecil, gak mungkin langsung gede. Jadi bagaimana ortu menanamkan self concept pada anak nya sejak kecil, jadi ketika dewasa gak jadi orang kaya gw. Itu adalah sebuah pelajaran yang gw ambil, mungkin ortu gw dulu nya gak kurang mengeri gimana anak didik, dengan menenmakan self concept. Nah, untuk gw yang udah tau ilmunya, gw gak boleh untuk tidak memakainya.

Suatu saat nih, kalo gw punya anak, seusaha nya mungkin harus gw tanam tuh yang namanya self concept, jadi disini gw gak menyalahkan siapapun itu atas terbentuk nya sifat gw yang gw tanam sekarang. Gw udah dewasa, lebih tepatnya gw harus bia memilih jalur mana yang akan gw ambil untuk pribadi diri gw sendiri. Nah maslahnya sulit bukan untuk merubah suatu hal yang baru dan mengadaptasikan nya. ??

Lalu ada yang tau bagaimana bisa belajar untuk bersikap tanggung jawab, dan tidak lari dari masalah ??

Tinggalkan Balasan

